Cara Ganti Oli Gardan

Halo otomodivers, setelah kemarin membahas seputar cara ganti oli motor, kini saatnya kita lanjutkan pembahasan tentang cara ganti oli gardan. Bisa dikatakan, mengganti oli gardan adalah hal yang paling mudah untuk dilakukan.

Walau demikian, pasti diantara kamu semua pasti ada aja yang belum bisa melakukan dan ingin belajar supaya dapat mengganti oli gardan secara mandiri.

Terkadang, penggantian oli gardan ini kerap dilewatkan oleh pemilik motor matic. Padahal jikalau kamu paham, mengganti oli gardan adalah salah satu perawatan yang jangan sampai terlewatkan oleh pemilik motor matic.

Kenapa? Pasalnya, oli gardan (oli transmisi) mempunyai fungsi untuk melumasi semua komponen transmisi yang berada di dalam gearbox.

Seperti yang akan kita bahas, yaitu cara ganti oli gardan. Apa saja langkah yang harus dilakukan dari tahap awal sampai akhir? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, silahkan simak ulasan yang sudah tercantum di bawah ini.

Siapkan Peralatan

cara ganti oli gardan
mamangbengkel.com

Langkah pertama yang harus dilakukan sebelum mengganti oli gardan ialah, menyiapkan peralatan yang kamu butuhkan. Ada tiga peralatan yang harus kamu siapkan, diantaranya sebagai berikut:

  • Kunci 12mm. Untuk jenis kuncinya, kamu bisa menggunakan kunci pas, sok, atau kunci T.
  • Tempat (wadah bekas) untuk menampung oli gardan yang hendak dikeluarkan dari blok cvt.
  • Oli gardan yang sudah kamu beli di bengkel terdekat ataupun resmi.

Jika langkah pertama sudah selesai, mari kita lanjutkan ke pembahasan utama yang akan kita urai secara tuntas di bawah ini.

Baca Juga:

Oli Motor Terbaik

Oli Motor Matic

 

Cara Ganti Oli Gardan

cara ganti oli gardan
ridergalau.com

Apakah mengganti oli gardan ini sulit dilakukan bagi pemula? Tentu saja tidak, oli gardan ini bisa diganti sendiri walaupun sebelumnya kamu belum pernah menggantinya sama sekali. Lantas bagaimana cara ganti oli gardan? Apa saja tahapan yang harus dilakukan?

Baiklah tidak perlu banyak basa-basi, mari kita urai sampai tuntas pada paragraf di bawah ini.

1. Parkirkan Motor

cara ganti oli gardan
parkirkan motor

Parkirkan sepeda motor yang hendak kamu ganti oli gardannya, misal Honda Beat. Parkirkan di tempat rata agar tidak miring ketika kamu berdirikan menggunakan standar 2 (tengah).

2. Panaskan Mesin Motor Sebentar

cara ganti oli motor
Honda Beat

Sebelum membuka baud penutup oli gardan, alangkah baiknya kamu panaskan motor tersebut selama 5 atau 10 menit. Alasan motor dipanaskan ialah supaya kekentalan pada oli ini menurun dikarenakan panasnya mesin, dan hal tersebut tentu saja bisa memudahkan kamu untuk menguras oli gardan yang berada di dalam gearbox.

3. Buka Baud Penutup Oli

cara ganti oli gardan
baabun.com

Jika kondisi suhu mesin sudah mulai menurun, maka langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan dalam mempraktekkan cara ganti oli gardan adalah membuka baud penutup oli.

Untuk letak dari baud tersebut berada dibagian bawah gearbox motor matic. Ada satu hal yang harus diperhatikan sebelum membuka baud, yaitu meletakan wadah dibagian pembuangan oli untuk menampung oli gardan yang dikuras.

Hal tersebut bertujuan supaya oli gardan yang dikuras tidak berceceran kemana-mana.

4. Keluarkan Oli Gardan

cara ganti oli gardan
kumparan.com

Langkah selanjutnya ialah, biarkan oli gardan keluar dari dalam mesin, Jika pelumas tersebut tidak lagi keluar, kamu harus memastikan lagi apakah isi dari oli gardan ini sudah keluar semua atau belum dengan cara memiringkan motor yang ditahan oleh standar satu.

5. Pasang Baud Tap

cara ganti oli motor
gridoto.com

Apabila kamu sudah memastikan sendiri bahwa tidak ada lagi tetesan oli gardan yang keluar dari bagian pembuangan, maka langkah selanjutnya ialah memasang kembali baud tap oli.

Setelah baud tap terpasang dengan benar, kemudian buka baud penutup yang digunakan untuk pengisian oli. Dimana letak baud tersebut? Letaknya berada di atas lubang baud pembuangan.

6. Masukan Oli Gardan yang Sudah Kamu Beli

cara ganti oli gardan
jawapos.com

Potong bagian kepala kemasan oli gardan, setelah itu remas-remas kemasan botol tersebut sampai semua isi oli yang ada di dalam botol benar-benar masuk ke dalam ruang gearbox.

Mungkin ada yang bertanya seperti ini, kak kenapa si memasukan oli gardan itu kita harus meremas-remas? Karena ada beberapa tipe motor yang lubang pengisian oli gardan ini posisinya horizontal, itulah kenapa pemilik motor atau montir bengkel harus meremas kemasan oli gardan untuk mendorong oli masuk ke dalam tempatnya.

Tinggalkan komentar