Cara Ganti Oli Motor

Oli motor harus diganti secara rutin maksimal setiap 2 bulan sekali atau 2.000 km, tergantung mana yang dicapai lebih dahulu.  Apabila salah satu sudah tercapai, segera lakukan pergantian oli. Kamu bisa mengganti oli di bengkel ataupun melakukannya sendiri.

Namun, tidak semua orang dapat mengganti oli motor sendiri. Lantas bagaimana caranya?

Simak ulasan berikut ini

Cara Ganti Oli Motor Sendiri

cara ganti oli motor
okeinfo.net

Oli mesin yang diganti secara rutin merupakan salah satu bentuk perawatan motor yang harus dilakukan oleh pemiliknya.

Kenapa hal seperti ini harus dilakukan? Supaya semua komponen yang ada didalam mesin bisa bekerja secara optimal, sehingga nantinya dapat membuat pengemudi merasa nyaman dalam mengendarainya.

Maka dari itu, bagi kamu yang mempunyai kendaraan bermotor jangan lupa untuk selalu mengganti oli sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan.

Nah, umumnya setiap orang yang mempunyai kesibukan yang sangat padat dikarenakan pekerjaan atau bisnis akan membawa motornya ke bengkel untuk proses penggantian oli.

Tapi, bagi kamu yang mempunyai banyak waktu senggang alangkah baiknya penggantian oli motor itu dilakukan sendiri.

Ada pun keuntungan dalam mengganti oli sendiri ialah, kamu bisa langsung menelaah sendiri seperti apa keadaan oli yang dikeluarkan dari bagian blok mesin.

Selain itu, mengganti oli sendiri bisa sedikit menghemat uang yang seharusnya dikeluarkan untuk membayar jasa ganti oli kepada mekanik bengkel yang kamu kunjungi.

Lantas bagaimana jika kamu (pemilik motor) tidak bisa mengganti oli sendiri? Jangan khawatir, di sini Otomodiv akan memberikan solusinya melalui tulisan yang membahas tentang langkah cara ganti oli motor yang baik dan benar.

1. Persiapkan Perlengkapan

cara ganti oli motor
dayaauto.co.id

Sebelum masuk kedalam pembahasan tentang cara ganti oli motor, baiknya kamu harus menyiapkan terlebih dulu perlengkapan apa saja yang akan digunakan untuk mengganti oli motor.

Jika kamu belum mengetahui perlengkapan yang akan dibutuhkan, berikut ini akan saya cantumkan satu persatu.

  • Corong (tempat untuk memasukan pelumas)
  • Obeng (-)
  • Kunci pas ring 17
  • Tempat untuk menampung oli bekas
  • Tang

Jika semua perlengkapan tersebut sudah siap, maka langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan dalam cara ganti oli motor sendiri ialah..

2. Memanaskan Mesin motor

cara ganti oli motor
gridoto.com

Kenapa mesin motor harus dipanaskan terlebih dahulu? Sedangkan oli pada motor tersebut akan dikeluarkan dan digantinya dengan yang baru.

Alasannya adalah untuk memberi kemudahan dalam mengeluarkan oli yang berada di dalam blok mesin motor, oleh karena itu sebelum membuka alangkah baiknya panaskan mesin motor selama 5 atau 10 menit.

Tujuan dari memanaskan mesin itu ialah untuk menurunkan tingkat kekentalan pada oli, dan juga bisa membuat endapan pada sisa pembakaran ikut keluar secara bersamaan dengan oli setelah baud pada blok mesin dibuka.

Lalu, keuntungan dari memanaskan mesin motor apa? Tentu saja membuat ruang berada di dalam mesin akan bersih dari kotoran yang mengendap dikarenakan adanya pembakaran di dalam ruang mesin.

Note:

Selesai dipanaskan, secara otomatis mesin motor masih berada di temperatur yang tinggi. Nah, jika mesin motor masih dalam keadaan panas, alangkah baiknya dinginkan terlebih dulu baru membuka baud pembuang oli yang berada dibagian bawah blok mesin.

Apabila kamu masih tetap ngeyel membuka baud blok mesin dalam kondisi panas, dikhawatirkan keadaan panas itu bisa membuat drat pada baud menjadi rusak.

Ko bisa? Karena ketika keadaan mesin berada di suhu yang tinggi, maka tingkat kekerasan pada bahan baud pun akan berkurang secara drastis.

3. Menguras Oli Mesin

cara ganti oli motor
kumparan.com

Langkah selanjutnya yang bisa kamu lakukan dalam cara ganti oli motor sendiri ialah menguras seluruh oli yang berada di dalam mesin motor.

Sebelum menguras, kamu harus membuka baud penutup oli yang berada dibawah blok mesin menggunakan kunci sok ring 17. Pastikan sebelum membuka baud tersebut harus sudah ada wadah untuk menampung oli yang dikeluarkan dari dalam mesin, letakkan wadah tepat dibawah pembuangan oli.

Apabila oli sudah keluar semuanya dan tidak ada yang tersisa, kamu bisa meniup lubang untuk memasukkan oli dengan menggunakan kompresor angin. Hal ini bertujuan supaya memastikan bahwa di dalam mesin sudah tidak ada oli bekas yang tersisa.

Setelah disemprot dengan kompresor angin, apakah harus menunggu waktu untuk memasukan oli baru ke dalam mesin nya? Tentu saja tidak, kamu bisa langsung memasukan oli baru yang sudah kamu beli.

Tapi, sebelum mengisi mesin dengan oli baru, alangkah baiknya kamu perhatikan ini terlebih dahulu. Yaitu..

4. Periksa Oli Filter

cara ganti oli motor
tribunnews.com

Kenapa sebelum mengisi ruang mesin dengan oli baru kita harus memeriksa bagian oli filter terlebih dahulu? Sebenarnya tidak melakukan pengecekan pun tidak masalah, namun saya sarankan untuk memeriksanya.

Kenapa? Karena untuk memastikan apakah oli filter tersebut masih layak digunakan atau memang harus diganti yang baru.

5. Pasang Baud Pembuangan Oli

cara ganti oli motor
blibli.com

Apabila kamu sudah tidak melihat oli yang menetes dari tempat pembuangan oli dan selesai melakukan pengecekan kelayakan filter oli, sekarang saatnya kita lanjutkan langkah selanjutnya, yaitu memasang kembali baud penutup oli.

Untuk menutup baud pembuangan oli, kamu harus memastikan bahwa baud yang kamu tutup itu tidak terlalu kencang dalam mengencangkannya. Kenapa? Karena hal ini bisa membuat merusak bagian kepala baud atau bahasa bengkelnya selek.

6. Masukan Oli Motor

cara ganti oli motor
mamangbengkel.com

Ini dia langkah terakhir yang harus kamu lakukan dalam cara ganti oli motor sendiri, yaitu menuangkan oli yang baru ke dalam blok mesin dibagian kanan.

Sebelum menuangkan oli motor, pastikan bahwa kamu sudah menyiapkan alat berupa corong yang dijadikan sebagai media menuangkan oli agar ketika dituangkan tidak berceceran kemana-mana.

Selesai menuangkan oli motor ke dalam blok mesin, kamu bisa menutup kembali dengan baud pengukur oli dan kencangkan baud tersebut menggunakan tang jepit.

Baca Juga:

Oli Motor Terbaik

Rekomendasi Oli Motor Matic

Cara Ganti Oli Gardan

Sekian uraian mengenai cara ganti oli motor yang baik dan benar, semoga adanya artikel yang dipersembahkan oleh Otomodiv bisa berguna bagi kamu para pembaca. Terimakasih, sampai jumpa pada artikel bermanfaat lainnya.

Tinggalkan komentar