Cara Kerja Kopling Motor

Kopling manual merupakan sistem mekanikal motor yang mempunyai fungsi sebagai pemutus alur tenaga mesin ke bagian transmisi secara manual, karena pengendara sendiri yang mengontrol semuanya.

Ketika pengendara menarik handle kopling, itu tandanya si pengendara sudah mengaktifkan fungsi kopling manual, maka sepeda motor pun tidak akan maju walaupun keadannya berada di posisi top transmisi.

Sedikit penjelasan mengenai cara kerja kopling motor dan mobil. Sebenarnya sudah kita ketahui, bahwa motor dan mobil ini mempunyai mekanisme kopling yang sama.

Fungsi kopling manual untuk motor dan mobil ini bisa dibilang sama-sama vital, maka dari itu setiap pemilik kendaraan harus bisa merawatnya agar tidak mudah rusak.

Jika ingin mengetahui seperti apa cara kerja kopling, terutama terhadap sepeda motor. Sahabat otomodivers dapat langsung memperhatikan penjelasan yang sudah saya siapkan di bawah ini.

Pertama-tama saya akan membahas tentang.

Jenis Kopling Motor dan Fungsinya

cara kerja kopling motor
youtube.com

Seperti yang kita ketahui bahwa jenis kopling ini terbagi menjadi dua bagian, yaitu sistem kopling manual dan otomatis. Masing-masing dari kopling tersebut tentunya mempunyai cara kerja dan fungsinya sendiri.

Sedangkan bagian kampas kopling manual dan otomatis pun posisinya berbeda, yang mana susunan bentuk kampas kopling manual posisinya agak rapat, sementara untuk kampas kopling otomatis posisinya sedikit berjarak (renggang).

Menurut penjelasan di atas, perbedaan dari kedua jenis tersebut memang mempunyai cara kerjanya sendiri, apakah di dalam artikel ini akan dibahas secara keseluruhan? Untuk artikel ini, saya akan menjelaskan bagaimana cara kerja kopling motor manual terlebih dulu.

Baiklah untuk membayar semua rasa penasaran, kamu semua bisa langsung menyimak poin utama dari pembahasan yang sudah saya siapkan, yaitu cara kerja kampas kopling motor manual.

Cara Kerja Kampas Kopling

cara kerja kopling motor
mamangbengkel.com

Seperti yang sudah saya singgung mengenai jenis-jenis kopling, kini saatnya kita membahas mengenai cara kerja kampas kopling motor manual secara rinci.

Jadi, kampas kopling ini akan bekerja untuk menautkan antara bagian mesin dan sistem transmisi, yang kemudian akan disambungkan ke bagian gigi untuk memutarkan roda kendaraan sepeda motor.

Ternyata bukan itu saja sahabat otomodivers, tapi kampas kopling juga bisa menyalurkan dan memutuskan tenaga yang dihasilkan oleh mesin yang dialirkan ke bagian sistem transmisi.

Lantas apa perbedaan cara kerja kopling motor manual dan otomatis? Mari kita bahas mengenai kopling manual terlebih dulu.

Kopling Manual

Seperti yang sudah diketahui bahwa letak dari posisi kampas kopling manual ini lebih rapat, terlebih jika handle kopling ditarik maka posisinya akan semakin rapat lagi.

Kopling Otomatis

Kalau kopling otomatis ini cara kerjanya mengusung teknik sentrifugal, yang mana akan mengalirkan tenaga tergantung dari putaran pada bagian mesin. Terlebih susunan tata letak kampas kopling dan plat kopling otomatis ini jauh lebih renggang.

Apabila grift gas ditarik yang membuat RPM motor naik, maka plat kopling dan kampasnya akan merapat dengan cara perlahan, dan menghubungkan pada bagian transmisi sampai roda belakang.

Setelah mengetahui cara kerja kampas kopling motor manual, alangkah baiknya kamu pun harus mengetahui bagian ini, yaitu.

Fungsi Kampas Kopling

cara kerja kopling motor
otomotif.kompas.com

Walaupun ada dua jenis kopling pada kendaraan motor dan mobil, tapi kedua jenis tersebut mempunyai fungsi yang sama. Dimana fungsinya ialah menghubungkan dan memutus putaran mesin yang akan dialirkan pada roda.

Selain itu, fungsi kopling juga akan membuat poros engkel menuju bagian transmisi, kemudian akan menghubungkan kepada bagian roda, yang kemudian roda belakang akan berputar sesuai dari tenaga yang dihasilkan oleh komponen mesin.

Jadi, itulah fungsi kampas kopling yang sudah saya berikan untuk sahabat otomodivers.

Baiklah, selanjutnya mari kita lanjutkan pembahasan terakhir.

Ciri-ciri Kopling Haus

cara kerja kopling motor
gridoto.com

Dari dulu sampai sekarang kendaraan roda dua selalu menjadi alat transportasi masyarakat di seluruh daerah, karena menggunakan sepeda motor dapat menerjang berbagai halangan yang ada di jalan. Misal contohnya seperti menerabas macet disaat jam kerja.

Perlu kamu ketahui, untuk tipe motor bebek apabila sering terjebak situasi kemacetan yang sangat padat, ternyata hal ini bisa berdampak buruk terhadap usia kampas kopling.

Kenapa? Karena ketika menghadapi kemacetan dalam waktu yang cukup lama bisa membuat kampas kopling motor cepat habis.

Mungkin ada beberapa pengendara yang belum mengetahui kenapa situasi macet di jalan raya bisa membuat kampas kopling cepat habis.

Jadi, ketika keadaan macet, otomatis sepeda motor hanya berjalan secara perlahan dan mengandalkan sistem transmisi gigi. Di putaran mesin awal, kampas kopling pun akan bergesekan dengan komponen lainnya, yang mana hal tersebut dapat membuat lapisan pada kampas kopling akan habis karena terkikis.

Apakah kampas kopling habis ini terdapat ciri-cirinya? Tentu saja, diantaranya sebagai berikut:

  • Motor akan ngeden ketika digas
  • Kekuatan tenaga akan berkurang
  • Performa mesin kurang bagus
  • Susah mengoper gigi transmisi

Tinggalkan komentar