Cara Membersihkan Karburator Motor

Halo pecinta otomotif, pada kesempatan kali ini otomodiv akan mengulas tentang Cara Membersihkan Karburator Motor.

Bagi setiap orang yang mempunyai kendaraan motor, saya rasa mereka semua harus mengetahui bagaimana cara membersihkan karburator yang baik dan benar.

Kenapa? Karena karburator ini adalah bagian yang mempunyai peran penting bagi kendaraan, yaitu fungsinya untuk menghubungkan udara dan bahan bakar menjadi satu dan kemudian dialirkan ke dalam ruang pembakaran.

Tapi, apabila bagian dari karburator ini jarang dibersihkan atau tidak pernah sama sekali, tentunya hal tersebut bisa mengganggu mesin yang sedang bekerja, maka jangan merasa heran apabila motor sering tersendat-sendat dengan sendirinya.

Lantas bagaimana caranya untuk mencegah hal itu supaya tidak terjadi? Caranya ialah harus mengetahui bagaimana cara membersihkan karburator yang baik dan benar.

Pasti penasaran kan seperti apa caranya? Yuk langsung saja simak ulasan berikut ini.

Penyebab Karburator Motor Kotor

Cara Membersihkan Karburator Motor
motorplus-online

Sebelum mengetahui cara membersihkan karburator yang kotor, alangkah baiknya kamu mengetahui penyebab karburator motor kotor.

Sebagian dari kamu pasti ada yang belum mengetahui apa saja mengenai penyebab karburator kotor, bukan begitu? Maka dari itu, di sini saya akan mengulas mengenai apa aja sih penyebabnya karburator motor bisa kotor.

Simak baik-baik ya.

Baca Juga Artikel Ini

Cara Kerja Karburator Motor

Penyebab Karburator Banjir

Cara Membuat Motor Kencang Melalui Karburator

Pegas Kehilangan Kelenturan

Kehilangan kelenturan pada bagian pegas memang dapat dikatakan sering dijumpai. Biasanya, terjadinya hal ini bisa diklaim dari usia pegas atau juga bisa dari bagaimana cara pemakaiannya.

Misal contohnya seperti terlalu sering melakukan bokar pasang dengan cara yang kurang tepat. Nah, perlu kamu ketahui, hal tersebut bisa mengakibatkan kotoran mudah masuk ke dalam bagian karburator.

Banyak Kotoran dibagian Klep Motor

Sebab adanya kotoran yang mengendap pada bagian klep akan mengakibatkan klep motor tidak dapat bekerja secara maksimal, hal tersebut dapat menyebabkan asupan bahan bakar yang dialirkan ke bagian ruang bakar tidak sempurna.

jika kamu mengalami gejala seperti itu, maka yang harus kamu lakukan adalah membersihkan kotoran yang mengendap dibagian klep motor.

Namun sebelum membersihkan klep motor, ada satu hal yang harus kamu ketahui, yaitu ‘Selalu berhati-hati dan benar dalam membersihkan nya’.

Kenapa? Pasalnya, apabila proses pembersihan klep itu kurang tepat bisa mengakibatkan posisi pada pegas akan tergeser sedikit.

Walaupun bergeser nya hanya sedikit, justru hal tersebut sangat berpengaruh kepada proses kinerja klep itu sendiri dan juga bisa mengakibatkan kegagalan dalam kinerja mesin (Tidak bekerja secara maksimal).

Oleh karena itu, bagi kamu yang ingin membersihkan klep motor alangkah baiknya jangan menggunakan amplas atau peralatan-peralatan kasar lainnya.

Kamu hanya cukup menggunakan cairan khusus untuk membersihkan klep yang nantinya cairan tersebut akan bekerja menghilangkan kotoran-kotoran yang mengendap.

Ada yang Bocor dibagian Membran

Perlu kamu ketahui bahwa membran adalah salah satu bagian karbu yang berbahan karet dan juga sangat berguna. Wajar saja apabila semua pabrikan motor melarang secara tegas untuk tidak membuka bagian ini.

Lantas apa penyebab yang bisa membuat kebocoran pada bagian membran? Biasanya penyebab kebocoran yang terjadi pada membran ini adalah ‘Terlalu sering mengoprek karburator’.

Bukan hanya itu saja penyebabnya dan masih ada penyebab lainnya yang membuat membran menjadi bocor, diantaranya seperti:

  • Pemasangan membran yang salah.
  • Terkena zat kimia.

Tentu saja bagian ini harus benar-benar kamu perhatikan dikarenakan dampaknya bisa berpengaruh sangat besar terhadap karburator dan mesin.

Oh iya, kebocoran di bagian membran ini bukan hanya menyebabkan karburator motor menjadi kotor, namun bisa mengakibatkan mesin motor susah untuk dihidupkan.

Nah, setelah mengetahui apa saja penyebab karburator motor kotor dan memahami bagaimana untuk mencegahnya, kini kita lanjutkan kembali pembahasan yang kedua, yaitu membahas tentang cara membersihkan karburator motor.

Cara Membersihkan Karburator Motor

Cara Membersihkan Karburator Motor
Cara Membersihkan Karburator Moor

Bagi yang belum mengetahui pasti akan bertanya ‘seperti apa sih cara membersihkan karburator yang baik dan benar’?

Nah daripada penasaran seperti apa penjelasannya, yuk langsung saja simak ulasan yang sudah saya tulis secara detil di bawah ini:

Pertama-tama yang harus kamu lakukan adalah…

1. Melepas Karburator

Cara Membersihkan Karburator Motor
autos.id

Lepaskan karburator tersebut dari intek (manifold) mesin dengan menggunakan alat-alat kunci yang sudah disiapkan sebelumnya.

Nah untuk melepas karburator tersebut, alangkah baiknya kamu harus melepas dengan hati-hati dari intek tersebut. Misal contohnya seperti membuka baud-baud yang menempel pada bagian karbur dan intek.

Jika melepasnya kasar dan tidak berhati-hati, maka baud penyambung antara karburator dan intek pun bisa selek (rusak).

2. Buka Penutup Pilot Jet & Main Jet

Cara Membersihkan Karburator Motor
mamangbengkel.com

Setelah berhasil melepas karburator dari intek nya, maka langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah membuka penutup bagian pilot jet dan main jet.

Sebelum membuka penutup tersebut, alangkah baiknya kamu mengeluarkan bensin yang ada didalam karbu terlebih dulu dan dimasukkan ke tempat yang tidak terkena air, karena nantinya bensin tersebut bisa digunakan untuk membersihkan bagian karburator yang kotor.

Setelah itu, lepas semua baud pengait yang ada dibagian penutup PJ & MJ (mangkuk). Kemudian periksa apakah bagian ini tercampur dengan air atau tidak.

Apabila tidak ada air, namun terdapat kotoran yang menempel di sela-selanya, kamu bisa membersihkan nya dengan menggunakan cairan bensin dan kuas kecil bertekstur lembut.

jika kamu menemukan kotoran yang bandel dan rasanya susah ketika dibersihkan, kamu bisa menggunakan kompresor angin yang memiliki tekanan tinggi. Kenapa? Agar kotoran dan kerak-kerak yang ada akan terlepas.

3. Melepas Pilot jet dan Main Jet

Cara Membersihkan Karburator Motor
membuka pilot jet dan main jet

Cara membersihkan karburator motor yang ke tiga ialah melepas Pilot Jet & Main Jet nya. Setelah kedua komponen tersebut dilepas, maka selanjutnya langsung ke tahap pembersihan dengan cara meniupi lubang-lubang yang ada komponen tersebut.

Hal ini akan terasa mudah jika kamu mempunyai kompresor, kenapa? Karena angin yang ada pada kompresor itu mempunyai tegangan yang tinggi, jika lubang yang ada pada komponen itu ditiup menggunakan kompresor, maka secara otomatis kotoran-kotoran yang mengendap pun akan hilang.

4. Membersihkan Needle Jet

Cara Membersihkan Karburator Motor
needle jet

Selepas membersihkan bagian-bagian di atas, maka cara membersihkan karburator motor yang ke empat adalah membuka NJ (Needle Jet).

Setelah komponen ini dibuka, kamu bisa langsung menyelupkan NJ ke wadah yang berisi bensin kemudian semprot bagian-bagian yang ada lubang nya dengan menggunakan kompresor agar kotoran atau kerak yang menempel akan hilang.

5. Membersihkan Spuyer

Cara Membersihkan Karburator Motor
Membersihkan Spuyer

Apakah membersihkan spuyer ini merupakan cara membersihkan karburator yang baik dan benar? Tentu saja masuk, karena spuyer merupakan komponen karbu yang bisa dikatakan cukup penting keberadaannya.

Lantas bagaimana mekanisme pembersihan pada bagian ini? Tenang dan jangan khawatir, karena cara membersihkan nya pun cukup mudah untuk dilakukan sendiri, agar kotoran yang menempel bisa ke angkat, kamu bisa menggunakan hamplas halus untuk membersihkan nya.

Nah ketika dalam proses pembersihan nya ini harus benar hati-hati, terlebih ketika menggosok hamplas terhadap spuyernya. Loh kenapa? Supaya tidak mengalami perubahan pada ukuran diameternya.

Jika ukuran diameter pada spuyer tersebut berubah, maka mesin dari motor yang kamu miliki tidak bisa dihidupkan. Hal ini tentu saja merupakan kejadian yang sangat fatal disebabkan tidak hati-hati dalam membersihkan nya.

Untuk mengoptimalkan cara membersihkan karburator motor, kamu harus melakukannya dengan ketelitian agar bisa menghasilkan hasil yang maksimal.

6. Membersihkan Permukaan Karburator

Cara Membersihkan Karburator Motor
Membersihkan Permukaan Karburator

Ada sebagian orang yang sering melupakan bagian ini, padahal jika diamati yang harus dibersihkan itu bukan hanya pada komponennya saja, melainkan permukaan karburator pun harus dibersihkan secara menyeluruh.

Nah, jika kamu ingin menerapkan cara membersihkan karburator motor yang baik dan benar, maka jangan sampai lupa untuk membersihkan seluruh permukaan karburator hingga sampai benar-benar bersih.

Untuk membersihkan nya, kamu bisa menggunakan kuas dan juga cairan premium atau pun pertamax. Selepas dibersihkan, jangan lupa untuk menjemur bagian karburator beserta komponennya di tempat yang terkena sinar matahari.

Agar tidak terkena kotoran lagi, jangan sampai lupa untuk memberikan alas terhadap semua komponen karburator seperti koran atau pun kardus-kardus bekas yang sudah tidak digunakan.

7. Rakit dan Pasang Karburator dengan Benar

Cara Membersihkan Karburator
motorplus-online

Jika semua komponen yang dijemur benar-benar kering, maka langkah selanjutnya adalah merakit ulang bagian karburator yang sudah dilepas hingga bisa dipasang kembali.

Setelah semua komponen terpasang dan tidak ada yang tertinggal satu pun, selanjutnya kamu bisa langsung memasang badan karburator ke pada intek nya (pastikan semua baud penyambung karbu dan intek harus benar-benar keras).

Jika karburator itu sudah terpasang dengan benar, kamu bisa menghidupkan mesin motor sambil menyetel ulang langsam agar karburator bisa bekerja normal seperti biasanya.

Akhirnya selesai juga mempelajari Cara Membersihkan Karburator Motor yang benar versi otomodiv.

***

Sekian ulasan yang sudah saya tulis di atas tentang Penyebab Karburator Motor Kotor, bagaimana Cara Membersihkan Karburator Motor yang baik dan juga benar, semoga dengan adanya artikel ini bisa bermanfaat dan membantu teman-teman yang membutuhkan informasi ini.

Terimakasih sudah membaca, selamat mencoba!

Tinggalkan komentar