Cara Memperbaiki Aki Kering

Jika kemarin membahas soal aki motor terbaik, saat ini otomodiv akan mengulas tentang cara memperbaiki aki kering yang rusak atau lemah.

Setiap kendaraan itu memang membutuhkan yang namanya aki, sebab aki tersebut mempunyai peranan penting yang juga berfungsi untuk memberikan daya listrik ke bagian kendaraan lainnya.

Jika terjadinya masalah atau gangguan seperti aki melemah dan mati total, maka hal tersebut dapat menghambat kinerja kendaraan. Kenapa? Sebab tanpa adanya aki, motor tidak akan bisa dihidupkan menggunakan starter elektrik.

Adanya persoalan seperti itu, apakah ada solusinya? Tentu saja ada, sebab banyak cara memperbaiki aki kering yang soak atau rusak.

Sebenarnya gampang kok, cuman saya yakin diantara teman-teman ada beberapa yang belum memahami bagaimana cara melakukannya.

Maka dari itu, agar bisa memperbaiki aki motor yang rusak, simak terus artikel ini sampai selesai.

Yuk, langsung saja kita masuk ke pembahasan pertama.

Menyiapkan Peralatan

cara memperbaiki aki kering

Pertama-tama yang harus kamu lakukan adalah, menyiapkan peralatannya terlebih dulu. Sebab jika tidak peralatan seperti gambar di atas, maka kamu tidak akan bisa memperbaiki aki kering yang rusak.

Gampangnya, adanya peralatan tersebut bisa memudahkan kita dalam melakukan perbaikan.

Lantas apa saja peralatan yang harus kita siapkan?

  • Air accu (Air aki ini digunakan untuk melakukan pengisian jika aki tersebut mendapati kekosongan air),
  • Solasi besar (Solasi digunakan untuk menutup lubang aki supaya merekat dengan kuat dan tidak mudah lepas).
  • Obeng (-) (Obeng ini digunakan untuk membuka cover aki bagian atas).
  • Obeng (+) (Kegunaannya sama dengan obeng (-), yaitu untuk membuka kuncian bagian kaki-kaki).

Peralatan di atas lah yang nantinya akan sangat berguna untuk memperbaiki kerusakan pada aki. Makanya jangan sampai lupa untuk menyiapkan semua peralatan tersebut ya.

Baca juga: Aki motor terbaik

Cara Memperbaiki Aki Kering

memperbaiki aki kering yang rusak

Mungkin bagi teman-teman yang belum mengetahui bagaimana cara memperbaikinya akan bertanya-tanya seperti ini, susah gak ya? Bukan begitu?

Sebenarnya mudah kok, untuk pengerjaannya pun tidak ribet. Adapun 7 tahapan untuk memperbaiki aki ketika rusak, diantaranya seperti:

Melepas Aki Kering Terlebih Dulu

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah melepas aki kering terlebih dulu (Berlaku untuk mobil dan motor). Pertama-tama, lepas terlebih dulu mur positif (+) pada aki, kemudian dilanjut dengan mur (-).

Ketika melepas aki, diusahakan keadaan mesin motor ataupun mobil harus dalam keadaan mati. Kenapa? Sebab jika dalam keadaan hidup, ketika kamu melepasnya akan tersetrum oleh alur listrik yang dihasilkan oleh aki.

Membersihkan Permukaan Aki

Jika sudah melepas aki dari tempatnya, maka langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah membersihkan seluruh permukaan aki dari kotoran atau debu-debu yang menempel.

Dengan demikian, ketika sedang melakukan perbaikan, debu dan kotoran tersebut tidak akan masuk ke bagian bawah aki. Bukan hanya itu saja, jika memperbaiki aki kering yang permukaannya bersih, maka kamu akan merasa nyaman ketika mengerjakannya.

Buka Penutup Aki

Setelah selesai membersihkan permukaan Aki, selanjutnya adalah membuka bagian penutup aki. Perlu diperhatikan dalam pembukaan penutup aki, kamu harus melakukannya dengan hati-hati dan teliti.

Setelah penutup aki berhasil dibuka, maka periksalah aki tersebut apakah masih ada air accu-nya atau tidak.

Isi Air Aki

Setelah semua penutup aki sudah dibuka, disitu terdapat enam lubang yang di dalamnya berisikan air accu. Nah, lubang-lubang tersebut merupakan media/tempat untuk pengisian air accu.

Masukkan air ke dalam aki, jangan terlalu banyak-banyak dan maksimalnya hanya 15 ml.

Oh iya, selain itu kamu pun harus menyiapkan suntikan untuk pengisian air accu ke dalam aki dan kain lap untuk membersihkan cairan yang tumpah. Pastikan semua lubang pengisian aki harus benar-benar full.

Jika sudah selesai pengisian cairan ke dalam aki, langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah menutup kembali terhadap lubang yang ada.

Ada satu hal yang memang harus benar-benar diperhatikan, yaitu menghindari adanya kontak langsung antara air accu dengan seluruh anggota tubuh. Kenapa? Sebab cairan tersebut dapat mengakibatkan iritasi pada kulit.

Lantas bagaimana jika sudah terlanjur kena cairan aki? Sebaiknya langsung dibersihkan dan jangan ditunda-tunda.

Cara memperbaiki aki kering selanjutnya adalah menutup kembali tutup aki.

Untuk caranya bagaimana ya? Sedangkan tutup akinya terbuka? Caranya pun sangat sederhana, yaitu gunakan lem untuk menutup cover yang telah dibuka menggunakan gergaji besi atau pistol.

Ketika menutup tutup aki, kamu harus dapat memastikan bahwa semua tahapan penutupan aki kering harus diperhatikan. Pastikan dari tutup aki tersebut tidak ada celah sedikitpun supaya udara tidak masuk dan keluar dari bagian aki.

Isi Daya Listrik Aki Kering

Jika kamu merasa, semua tahapan yang dilakukan di atas dapat teratasi dengan mudah dan tanpa kendala, selanjutnya ada satu hal lagi yang memang harus dilakukan oleh kita semua, yaitu mengisi listrik aki.

Oh iya, untuk mengisinya harus menggunakan alat charge aki. Bila punya alat tersebut, maka kamu dapat mengisi ulang daya listrik di rumah. Namun, jika ternyata kamu tidak memiliki, maka kamu harus langsung terjun ke bengkel untuk mengisi ulang daya listrik aki kering.

Periksa Aki kering

Langkah terakhir dalam pembahasan cara memperbaiki aki kering adalah memeriksa semua semua apa yang sudah kamu lakukan.

Jika semuanya sudah kamu cek dengan teliti, maka aki tersebut dapat kita gunakan lagi untuk memberikan daya listrik terhadap mobil dan motor.

Beri waktu kurang lebih sekitar 15 sampai 30 menit dalam posisi stasioner agar alur listrik yang baru saja masuk bisa menyesuaikan dengan kondisi kendaraan.

Jumper Aki

cara jumper aki kering

Dari beberapa cara memperbaiki aki kering di atas yang sudah di jelaskan, sebenarnya ada satu cara yang memang biasa dilakukan oleh orang-orang. Yaitu dengan cara menjumper aki.

Lantas bagaimana cara jumper aki yang benar? Silahkan simak panduan di bawah ini:

  • Yang harus kamu lakukan pada langkah awal adalah gunakan alat keselamatan terlebih dulu, misal seperti sepatu berbahan karet dan sarung tangan.
  • Menjumper aki di tempat kering dan jauhkan dari cairan yang mudah terbakar.
  • Posisikan kendaraan yang akan dijumper saling berhadapan satu sama lain.
  • Perhatikan kutup (+) dan (-) pada kedua kendaraan, baik itu penerima daya atau pemberi alur listrik.
  • Supaya proses pengaliran listrik berjalan lancar, lakukan pembersihan terlebih dulu kepada kedua tutup katup.
  • Pastikan kondisi kedua kendaraan harus dalam keadaan mesin mati.
  • Setelah itu, silahkan jepit klem jumper yang berwarna merah ke bagian kutub (+) (Mobil yang akan di transfer daya), dan tautkan dengan kutub (+) (Mobil yang akan memberikan daya listrik).
  • Sama seperti cara di atas jepitkan klem jumper yang berwarna hitam di kutub (-) (Mobil yang akan di transfer daya dan pemberi daya).
  • Kemudian, nyalakan mesin mobil yang akan memberi daya terhadap aki yang soak, lalu biarkan beberapa saat agar proses pengaliran listrik berjalan dengan sempurna.
  • Jika kamu merasa bahwa pemberian daya itu sudah cukup, maka hentikan jumper tersebut dan coba nyalakan mesin mobil yang sudah di jumper.
  • Selesai.

Jika semua cara memperbaiki aki kering di atas sudah kamu lakukan dan ternyata tidak ada perubahan sama sekali, maka kamu diwajibkan mengganti aki dengan yang baru.

Kenapa seperti itu? Sebab aki kering dengan kondisi baru, performanya masih sangat bagus dan aki tersebut akan minim terjadinya kerusakan.

Tinggalkan komentar