Cara Mengecat Motor

Banyak penyebab kenapa body motor sering dicat ulang supaya terlihat lebih keren, diantaranya seperti sering terpapar sinar matahari, body lecet karena tergores oleh suatu benda dan masih banyak penyebab lainnya yang bikin warna motor pudar atau rusak.

Apabila hal tersebut terjadi, pemilik sepeda motor akan mulai untuk mengecet ulang agar warna pada body motor tidak terlihat pudar lagi.

Untuk pengecatannya, kamu bisa melakukan sendiri tanpa harus datang ke bengkel cat. Namun, ada hal lain yang harus diperhatikan dalam melakukan cat pada body motor supaya mendapatkan hasil warna yang bagus.

Lantas apa saja langkah-langkah yang harus dilakukan untuk membuat cat pada body motor terlihat bagus? Oleh karena itu, mari kita simak cara mengecat motor yang baik dan benar.

Menyiapkan Perlengkapan

cara mengecat motor
dino-power.com

Sebelum membahas secara tuntas cara mengecat motor yang baik dan benar, alangkah baiknya kita bahas dulu apa saja perlengkapan yang harus disiapkan sebelum dimulainya pengecetan.

Berikut perlengkapan yang harus kamu siapkan.

  • Hampelas kasar dan lembut
  • Poxy
  • Warna cat yang diinginkan
  • Tiner
  • Dempul
  • Pernis
  • Kompresor

Jika perlengkapan di atas sudah kamu siapkan, mari kita masuk ke poin utama pembahasan, yaitu langkah-langkah yang harus dilakukan untuk pengecetan body motor.

Baca Juga:

Cara Mengkilapkan Body Motor

Cara Mengecat Motor

cara mengecat motor
kurio.id

Apakah mengecat motor itu tingkat kesulitannya yang tinggi? Bisa dikatakan mengecat motor ini merupakan kegiatan gampang-gampang susah.

Kenapa demikian? Karena untuk menghasilkan cat yang sempurna harus melakukan beberapa teknik dan fokus dalam pengerjaannya, jika kita tidak menguasai teknik pengecetan yang benar dan kurang fokus, ditakutkan hasil cat yang kita semprot terhadap motor tidak akan menghasilkan warna yang bagus.

Itulah sebabnya kenapa tukang cat harus benar-benar menguasai semua teknik pengecetan motor dimulai dari tahap awal, pertengahan, finising dan juga selalu fokus dalam prosesnya.

Lalu seperti apa cara mengecat motor menurut para ahli yang bisa dilakukan oleh seorang pemula? Simak ulasan berikut ini.

1. Memilih Ruangan Cat yang Bersih

cara mengecat motor
grid.id

Untuk tahap awal dalam pengecetan motor, kamu harus memilih ruangan yang bersih dan juga luas. Hal ini dilakukan demi mempermudah proses pengecetan body motor atau komponen lainnya.

Jika kamu memilih ruangan kotor, maka ketika dalam proses pengecetan pun akan terganggu dengan debu-debu yang ada di dalam ruangan tersebut dan bisa memberikan hasil buruk terhadap cat yang kamu semprotkan.

Misal salah satu contohnya adalah, adanya debu yang menempel pada cat ketika cat tersebut disemprot kepada bagian motor.

2. Lepas Bagian Motor yang Kamu Cat

cara mengecat motor
gridoto.com

Jika kamu Ingin merubah warna cat pada bagian body motor, maka yang harus dilepas adalah body tersebut. Lepas satu persatu dengan menggunakan obeng kembang (+) dan letakan body tersebut di dalam ruang pengecetan.

Hal ini dilakukan supaya dimulai proses pengecetan tidak lagi bingung mencari body motor yang sudah dicopot pada badan motor.

Oh iya, jangan lupa simpan semua baud sekrup yang digunakan untuk mengencangkan body motor di tempat yang aman. Ada baiknya, kamu gunakan tempat (wadah) yang berukuran kecil untuk menyimpan semua baud tersebut agar tidak hilang.

3. Lindungi Bagian Motor yang Tidak Dicat

cara mengecat motor
otorider.com

Lindungi bagian motor yang tidak kamu cat ulang menggunakan koran, solatip atau benda apapun yang bisa digunakan untuk melindungi bagian-bagian motor agar tidak terkena semprotan cat.

Misal kamu merubah cat pada bagian velg, maka yang harus dilindungi adalah sisi dari ban motor tersebut. Gunakan seperti yang sudah saya sebutkan di atas (koran, plastik atau lain sebagainya) kemudian tambal lagi dengan solatip agar benda yang digunakan untuk melindungi ban tidak lepas.

4. Gunakan Alat Penerang

cara mengecat motorr
lampu penerang ruangan

Bagian ini berlaku jika pengecetan motor dilakukan pada tempat-tempat yang minim dari cahaya. Misal dalam ruangan yang minim terkena sinar matahari, walaupun siang hari harus tetap menggunakan alat bantu penerang ruangan berupa lampu.

Kenapa harus menggunakan alat bantu penerang ruangan, sedangkan pengecetan motor yang dilakukan itu pada siang hari? Hal ini tentu saja bisa mempermudah kamu dalam mengeksekusinya karena ada alat bantu penerangan yang bisa membuat penglihatan mata lebih jelas.

Bukan begitu?

Jika kamu tidak ingin menggunakan langkah ini pun tak papa, namun saran dari saya lebih baik gunakan langkah ini demi membuat proses pengecetan berjalan dengan baik.

5. Bersihkan Bagian yang Kamu Cat

cara mengecat motor
moladin.com

Apa saja yang ingin kamu cat ulang pada bagian motor? Misal seperti body, velg, dasbor, dan dasi, maka bagian itulah yang harus kamu bersihkan sampai benar-benar bersih dan jangan sampai ada kotoran yang menyisa pada bagian tersebut.

Kenapa? Apabila masih terdapat kotoran yang menempel pada bagian yang hendak di cat, nantinya kotoran tersebut akan membuat cat yang kita semprot rusak, dan hasil dari pengecetan motor pun akan sia-sia dikarenakan hasilnya tidak maksimal.

Untuk membersihkannya, kamu dapat menggunakan sabun bersih, kain lap yang halus dan dibilas dengan air bersih yang berasal dari keran.

6. Keringkan Bagian yang Sudah Dibersihkan

cara mengecat motor
wartainfo.com

Setelah proses pembersihan selesai, maka langkah selanjutnya yang bisa kamu praktekan dalam cara mengecat motor adalah, mengeringkan bagian yang sudah dibersihkan.

Media pengeringan yang bisa kamu gunakan adalah, kanebo yang berbahan halus. Lap seluruh bagian yang sudah dibersihkan dengan kanebo, kemudian jemur selama 2 atau 5 menit di tempat yang terkena sinar matahari namun bersih dari debu-debu.

7. Hamplas Body Motor

cara mengecat motor
otonesia.net

Perlu kamu ketahui, fungsi dari penghamplasan pada bagian (body) yang hendak kamu cat adalah salah satu media pengangkatan cat lama yang menempel pada body.

Lantas bagaimana cara menghamplasnya? Berikut langkah yang bisa kamu lakukan:

  • Pasang hamplas tersebut pada alat yang memiliki permukaan datar. Misal menempelkannya pada sendal jepit bekas lalu dikunci menggunakan karet.
  • Hamplas body tersebut sesuai dengan gerakan yang searah sampai benar-benar cat tersebut memudar. Untuk awal penghamplasan, kamu harus menggunakan hamplas yang tingkat kekasarannya tinggi.
  • Bilas dengan air bersih untuk bagian body yang sudah di hamplas.
  • Haluskan body yang sudah dibilas dengan menghamplas ulang menggunakan hamplas yang paling halus

Diatas adalah empat cara yang biasa digunakan oleh montir cat di bengkel-bengkel besar, oleh karena itu cara tersebut sangat efektif jika diterapkan oleh seorang pemula yang baru saja mencoba untuk mengecat motornya sendiri.

8. Proses Pendempulan

cara mengecat motor
youtube.com

Proses pendempulan itu seperti apa? Yaitu melapisi body motor yang baru saja kamu hamplas menggunakan body filter, hal ini bertujuan supaya permukaan pada body motor terasa lebih rata dan halus.

Cara pendempulannya pun mudah, kamu tinggal campurkan dempul tersebut (pastikan tidak terlalu encer) sehingga tidak akan menggumpal, kemudian oleskan dempul itu kepada bagian body yang hendak kamu cet secara berulang-ulang dan diamkan sampai benar-benar mengering.

9. Amplas Ulang

cara mengecat motor
builder.id

Jika dempul tersebut sudah benar-benar kering, langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah menghamplas ulang body tersebut supaya bekas dempulnya terasa sangat halus yang nantinya bisa menghasilkan warna cat yang maksimal.

10. Proses Pelapisan Epoxy

cara mengecat motor
ridergalau.com

Cara mengecat motor yang benar itu harus melapisi bagian yang ingin dicat dengan epoxy, kenapa? Karena epoxy ini merupakan dua komponen cat yang digunakan untuk memperkuat warna cat yang akan disemprotkan kepada body atau bagian motor lainnya.

Berikut keuntungan yang akan kamu dapat jika menggunakan epoxy:

  • Memberikan lapisan pelindung pada bagian yang akan dicat.
  • Membuat warna cat semakin timbul.
  • Warna cat akan terlihat cerah.
  • Membuat warna cat kuat sehingga tidak mudah pudar.

Maka dari itu sebelum melakukan pengecetan warna dasar, bengkel-bengkel cat besar di Indonesia selalu melapisi epoxy kepada bagian yang hendak dicat.

11. Proses Penghalusan Epoxy

cara mengecat motor
motoblast.com

Setelah epoxy benar-benar kering, kamu bisa langsung menghaluskan kembali dengan cara menghamplas ulang bagian yang sudah diberikan epoxy sampai benar-benar halus.

12. Lapisi dengan Cat Dasar

cara mengecat motor
bangka pos

Lapisi bagian yang sudah kamu poxy dengan cat dasar. Untuk warnanya, kamu bisa menggunakan Hitam, Putih atau pun abu-abu (sesuaikan dengan warna cat yang akan kamu gunakan).

Jika warnanya cerah, kamu bisa menggunakan warna dasar abu-abu atau pun putih. Namun bagaimana jika ingin menggunakan warna gelap seperti dop? Maka gunakan warna hitam sebagai cat dasar.

13. Proses Cat Motor

cara mengecat motor
naikmotor.com

Bersihkan tabung kompresor yang sudah digunakan untuk penyemprotan warna dasar, kemudian masukan cat yang ingin kamu gunakan ke dalam tabung kompresor (sesuai dengan kebutuhan) dan jangan lupa menambahkan tiner untuk mencampur warna cat sehingga bisa menghasilkan warna yang sempurna.

Untuk proses penyemprotan catnya jangan terlalu dekat jaraknya, diusahakan agak sedikit menjauh antara kompresor cat dengan bagian motor yang hendak dicat supaya menghasilkan cat yang sempurna.

14. Lapisin dengan Clear/Pernis

cara mengecat motor
gridoto.com

Jika semua bagian yang dicat benar-benar kering, kamu bisa langsung melanjutkan tahap akhir dalam pengecatan motor. Yaitu melapisi seluruh bagian yang sudah dicat dengan cara menyemprotkan pernis ke permukaannya.

Perlu kamu ketahui, pernis ini mempunyai fungsi sangat vital dalam industri pengecatan motor atau pun mobil. Diantarnya ialah:

  • Memperkuat warna cat
  • Warna cat tidak mudah luntur
  • Membuat warna cat nampak terlihat berkilau
  • Memberikan kualitas tinggi pada cat motor

***

Tinggalkan komentar