Cara Mengkilapkan Body Motor

Pemilik sepeda motor pasti menginginkan motornya terlihat mengkilap seperti baru, ya walaupun sebenarnya usia dari motor tersebut bisa dikatakan sudah cukup lama.

Berbagai cara pun akan dilakukan supaya motor kesayangannya bisa tampil keren, bersih dan menawan. Bukan begitu?

Lantas bagaimana caranya, sedangkan untuk melakukan perawatan motor ini bisa dibilang tidak sedikit dalam mengeluarkan biayanya? Ya memang benar bahwa perawatan pada kendaraan itu harus membutuhkan biaya yang cukup banyak. Tapi, tau gak sih kalo ada alternatif yang murah dalam mengkilapkan body motor?

Kira-kira penasaran gak nih? Pastinya penasaran dong! Oleh karena itu otomodiv akan memberikan tutorial bagaimana cara mengkilapkan body motor yang mudah dan tentunya tidak membutuhkan biaya yang cukup banyak.

Informasi lengkapnya di bawah ini.

Cara Mengkilapkan Body Motor

cara mengkilapkan body motor
idntimes.com

Jika sepeda motor kesayanganmu nampak terlihat kusam, tentunya hal tersebut membuat kamu tidak merasa percaya diri untuk mengendarainya. Terlebih bagi anak-anak muda zaman sekarang.

Maka dari itu mengkilapkan motor ini merupakan salah satu bentuk perawatan yang umumnya harus dilakukan oleh setiap orang yang memiliki sepeda motor.

Lantas bagaimana cara mengkilapkan body motor yang baik dan benar? Berikut jawabannya:

Baca Juga:

→  Cara Mengecat Motor

1. Jangan Mencuci Motor dengan Detergen

cara mengkilapkan motor
gurupendidikan.com

Sampai saat ini, pada umumnya masih banyak masyarakat yang beranggapan bahwa mencuci motor dengan penggunaan detergen dapat mengangkat semua kotoran dari permukaan body motor.

Ya memang benar, namun perlu kamu ketahui, sebenarnya penggunaan detergen untuk membersihkan body motor ini bisa membuat motor tidak terlihat mengkilap seperti biasanya. Kenapa? Karena warna cat motornya pudar yang disebabkan oleh tingkat kerasnya detergen tersebut.

Begitu teman-teman, makanya jangan coba-coba mencuci motor menggunakan detergen.

2. Cuci Menggunakan Shampo Motor

cara mengkilapkan motor
otoflik.com

Jika motor kamu terlihat kotor (walaupun sedikit dan tidak terlalu parah), sebaiknya cuci motor tersebut dengan menggunakan shampo yang dikhususkan untuk motor. Misal seperti:

  • Carrera
  • Kit
  • Nosy
  • Ice Wash and Wax
  • Ultimate Wash and Wax
  • Car Wash Soap Gold Series
  • Wash and Shine
  • Matte Wash
  • Coating Shampo
  • NXT Generation Car Wash

Kamu bisa membeli salah satu merk shampo motor yang sudah saya tulis di atas. Oh iya, masing-masing dari merk tersebut mempunyai kualitas sendiri, dan tentunya harganya pun sangat bervariatif.

3. Jangan Sering Kena Sinar Matahari

cara mengkilapkan body motor
tribunnews.com

Perlu kamu ketahui, sering terkena sinar matahari bisa memberikan dampak buruk terhadap warna body motor yang kamu miliki. Biasanya hal ini sering terjadi pada kendaraan motor yang diparkirkan ditempat terbuka, sehingga motor pun akan sering terkena pancaran sinar matahari.

Apabila motor terlalu sering terkena sinar matahari secara langsung, maka lama kelamaan warna pada cat motor akan pudar dengan sendirinya. Kenapa? Dikarenakan sinar matahari ini terdapat kandungan ‘Ultraviole’ yang dapat merusak lapisan warna pada cat motor.

Oleh karena itu, jangan terlalu sering memarkirkan motor pada tempat yang terbuka apabila tidak ingin warna pada cat motor cepat pudar.

4. Cuci Motor Setelah Terkena Hujan

cara mengkilapkan body motor
otosia.com

Cara mengkilapkan body motor selanjutnya adalah mencucinya jika motor tersebut terkena air hujan. Kenapa? Selain membersihkan kotoran yang disebabkan cipratan air hujan, hal ini bisa dilakukan untuk mencegah warna pada body motor tidak pudar dan tetap terlihat mengkilap.

Selain di atas, dampak lain yang bisa menyerang sepeda motor apabila setelah terkena hujan tidak langsung bergegas untuk mencucinya bisa mempercepat terjadinya korosi pada bagian besi atau pun rangka.

Oh iya, perlu kamu ketahui apabila motor habis dihujankan jangan langsung dilap, karena kotoran yang menempel seperti debu bisa membuat body motor lecet.

Lantas bagaimana cara efektif yang bisa dilakukan? Yaitu membilasnya terlebih dulu dengan air bersih, kemudian dilap dengan kain lembut seperti kanebo.

5. Kompon Bisa Membuat Body Motor Mengkilap

cara mengkilapkan motor
tribunnews.com

Taukah kamu bahwa kompon dapat membuat warna body motor mengkilap? Jika belum mengetahui mengenai informasi ini, di sini saya akan memberitahu bahwa sebenarnya kompon ini bukan hanya berfungsi untuk menghilangkan lecet pada permukaan body motor, namun bisa juga sebagai media untuk mengkilapkan body motor.

Lantas bagaimana cara penggunaannya? Caranya hanya menggosok bagian permukaan body menggunakan kain lap dan kompon secara berulang-ulang, oh iya penggunaan komponnya jangan terlalu banyak karena dikhawatirkan bisa membuat warna cat mengelupas.

Setelah selesai proses penggosokan terhadap body motor, untuk cara mengkilapkan body motor bisa menggunakan cairan poles yang dioleskan ke seluruh bagian body.

6. Gunakan Beeswak untuk Mengkilapkan Body Motor

cara mengkilapkan motor
brightonwoolandhoney.com

Perlu kamu ketahui, beeswax bukan hanya digunakan untuk produk kecantikan saja, melainkan dapat dimanfaatkan untuk membuat warna motor semakin terlihat mengkilap.

Lah kok bisa, gimana caranya? Kamu hanya mengoleskan ke permukaan body dan dilap dengan kain yang tekstur bahannya lembut.

Jika kamu mendapati beberapa produk yang terjual di pasaran, dan ternyata produk tersebut mengandung beeswax, maka kamu tidak perlu khawatir untuk membelinya.

7. Cara Mengkilapkan Motor Menggunakan Minyak Goreng

cara mengkilapkan motor
boombastic.com

Minyak goreng bukan hanya digunakan untuk memasak saja, namun bisa dijadikan alat pembantu untuk mengkilapkan body motor. Perlu kamu ketahui, penggunaan minyak goreng ini dilakukan setelah mencuci motor, kenapa?Karena tidak akan ada efeknya apabila minyak goreng tercampur dengan air.

Cara penggunaannya pun cukup mudah, kamu hanya menyiapkan kain lap kering yang bersih (teksturnya lembut) untuk dijadikan sebagai media utama, kedua tuangkan sedikit minyak goreng tersebut kepada kain, kemudian oleskan kepada bagian motor yang telah kusam.

Perlu kamu ingat, minyak goreng yang digunakan harus dalam kondisi baru, jangan yang bekas.

8. Rajin Mencuci Motor

cara mengkilapkan motor
oto.detik.com

Apabila motor sering digunakan untuk aktivitas sehari-hari, otomatis kotoran (debu) jalanan akan mengotori seluruh bagian motor. Maka dari itu, bagi kamu yang ingin sepeda motornya nampak terlihat mengkilap alangkah baiknya selalu rajin dalam mencuci motor.

Karena, debu-debu yang menempel bisa merubah warna motor yang tadinya cerah menjadi kusam (dekil).

9. Lap Motor Setelah Dicuci

cara mengkilapkan motor
gilamotor.com

Selesai motor dicuci harus langsung dikeringkan dengan cara mengelap seluruh permukaan yang basah dengan kanebo bersih. Pastikan seluruh bagian yang kamu lap menggunakan kanebo ini benar-benar kering dan jangan sampai ada air yang tersisa walaupun hanya sedikit.

Kenapa demikian? Karena apabila air yang membasahi motor didiamkan begitu saja, nantinya akan menimbulkan bintik-bintik dan juga bisa membuat warna body memudar.

10. Menggunakan Skotlet

cara mengkilapkan motor
kumparan.com

Skotlet adalah stiker transparan yang fungsinya digunakan untuk membuat body motor terlihat lebih mengkilap. Penggunaan skotlet pun bisa kamu lakukan untuk membuat body motor yang kamu miliki terlihat mengkilap.

Banyak keuntungan-keuntungan yang bisa kamu dapat ketika menggunakan skotlet, diantaranya sebagai berikut:

  • Warna asli tidak akan pudar
  • Melindungi agar body motor tidak tergores
  • Membuat body motor mengkilap
  • Membuat tampilan motor terlihat lebih keren dan enak dipandang

Penggunaan skotlet untuk motor memang bagus dan keren, namun sangat disayangkan bahwa penerapannya kamu harus menyiapkan uang sebesar Rp 300.000 bahkan lebih karena tergantung dari tipe motor yang kamu miliki.

***

Tinggalkan komentar