Cara Menyetel Karburator

Hai Otomodivers, pada kesempatan kali ini Otomodiv akan mengulas tentang cara menyetel karburator. Kenapa saya membahas ini? Saya yakin, ada beberapa diantara kamu semua yang belum mengetahui bagaimana cara setting karburator yang baik dan benar.

Maka dari itu, izinkan saya untuk berbagi wawasan mengenai cara menyetel karburator kepada sobat Otomodivers di seluruh Indonesia.

Perlu kamu ketahui, dalam kendaraan bermotor ada dua jenis sistem bahan bakar yang sering kita dapati. Yaitu, sistem pembakaran FI (Full Injection) dan Karburator.

Rata-rata, sepeda motor keluaran terbaru hampir semuanya sudah mengusung teknologi sistem FI. Jadi, adanya teknologi tersebut bisa membuat kinerja mesin semakin responsif, akselerasi semakin cepat, bertenaga dan tentunya sangat irit dalam konsumsi bahan bakar nya.

Tapi, sangat disayangkan bahwa sepeda motor yang mengusung teknologi FI agak sedikit susah dalam melakukan perawatannya. Kenapa? Pasalnya penyetelan pada FI ini harus menggunakan sistem komputer supaya dapat bekerja lebih maksimal.

Lantas bagaimana dengan karburator? Yuk langsung saja kita ulas secara rinci mengenai cara menyetel karburator motor yang sudah saya tulis di bawah ini.

Cara Kerja Karburator dan Injeksi

cara menyetel karburator
gridoto.com

Jika kamu menanyakan bagaimana cara kerja karburator dan injeksi, kedua komponen tersebut mempunyai cara kerja yang berbeda. Karena sistem FI perlu menggunakan perangkat elektronik yang berfungsi untuk mengalirkan bensin ke dalam ruang bakar.

Sementara untuk sistem karburator sendiri cara kerjanya masih menggunakan teknik hisap, yang mana sistem karburator ini bisa di stel sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan secara manual.

Biasanya, karburator yang kerap di setting ulang itu akan digunakan pada motor balap yang hendak mengikuti kejuaraan. Tentu saja jenis stelan tersebut sangat berbeda jauh dengan stelan karburator motor yang biasa digunakan harian.

Kenapa? Karena stelan karburator pada motor balap ini akan lebih mementingkan performa daripada iritnya bahan bakar yang dikonsumsi oleh mesin.

Sementara untuk jenis motor harian, saya sarankan untuk melakukan penyetelan karburator yang tenaga dan pasokan bahan bakarnya seimbang.

Baca Juga Artikel Lainnya

Cara Membuat Motor Kencang Melalui Karburator

Cara Membersihkan Karburator Motor

Cara Kerja Karburator Motor

Penyebab Karburator Banjir

Ciri-Ciri Karburator Harus di Setel Ulang

cara menyetel karburator
blog.mortech.co.id

Berikut adalah ciri-ciri karburator motor yang harus dilakukan setel ulang:

  • Performa mesin berkurang. hal ini dikarenakan angin yang masuk ke dalam karburator terganggu oleh kotoran yang menyumbat. Jika kamu menyetel ulang karburator tersebut, secara otomatis kotoran pun akan keluar dengan sendirinya.
  • Motor tersebut susah dinyalakan. Ketika hal ini terjadi, kamu jangan langsung mendeskripsikan bahwa motor susah dinyalakan itu disebabkan oleh busi yang rusak, banjir, atau pun kotor. Kenapa? Karena selain dari busi, karburator pun sangat berpengaruh terhadap kelanjutan mesin motor.
  • Busi Motor Basah. Ini adalah pertanda bahwa busi motor telah mati dan harus diganti dengan yang baru. Kenapa busi motor biosa mati? Perlu kamu ketahui, terjadinya busi mati ini dikarenakan pengaruh dari asupan bensin yang tidak normal. Maka dari itu, kamu harus menyetel ulang karburator dengan benar agar busi yang baru kamu ganti itu tidak akan basah lagi.
  • Motor Brebet. Nah saya sering menemukan motor brebet yang sedang dikendarai oleh pengendara di jalanan raya, mungkin mereka belum paham mengenai apa penyebab motor brebet. Jadi, jika motor yang kamu kendarai brebet (walaupun dalam RPM rendah) maka ada yang salah dari karburator kamu, yaitu setelan angin yang kurang tepat.

Jika kamu menemukan empat gejala di atas dan memang benar kamu rasakan pada sepeda motor yang kamu miliki, alangkah baiknya kamu harus segera menyetel ulang karburator agar performa mesin kembali normal seperti sedia kala.

Sebelum menyetel ulang karburator motor, baiknya kamu harus mengetahui terlebih dulu mengenai dua sekrup yang digunakan untuk menyetel karburator motor. Diantaranya:

  1. Sekrup yang digunakan untuk menyetel udara (angin).
  2. Sekrup yang digunakan untuk menyetel gas.

Cara Menyetel Karburator Motor

cara menyetel karburator
kurniots.com

Penasaran kan seperti apa cara menyetel karburator motor? Nah, bagi kamu yang ingin mengetahui bagaimana cara menyetel karburator motor supaya irit namun tetap bertenaga, sobat Otomodivers bisa langsung simak ulasan di bawah ini.

Pertama-tama yang harus dilakukan adalah:

1. Menyiapkan Peralatan Obeng (-)

Kenapa harus menyiapkan obeng (-) terlebih dulu? Dikarenakan ada dua sekrup pada karburator yang masing-masing dari sekrup itu akan diputar untuk menyetel karburator.

Sedangkan untuk memutar kedua sekrup ini, kamu harus menggunakan obeng (-).

2. Menghidupkan Mesin

Jika obeng (-) sudah kamu siapkan, maka tahapan cara menyetel karburator selanjutnya yang harus kamu lakukan ialah ‘Menghidupkan Mesin Motor’.

Kenapa ketika hendak menyetel karburator, mesin motor itu harus dihidupkan terlebih dulu? Jawabannya adalah, supaya bisa mendapatkan setelan karburator yang pas dengan kebutuhan mesin dan busi.

Terlebih karburator ini akan bekerja apabila mesin motor itu hidup. Oh iya, ada satu lagi yang harus kamu perhatikan, yaitu menarik pedal gas supaya mengetahui apakah mesin tersebut masih brebet atau tidak.

Jika gas ditarik dan ternyata mesin tersebut masih brebet, maka kamu harus menyetel kembali karburator tersebut.

3. Memutar Sekrup Penyetel Gas

Cara menyetel karburator motor yang ke tiga ialah memutar sekrup penyetel gas sesuai dengan arah jarum jam. Dilakukannya mekanisme ini bertujuan supaya sekrup penyetel yang diputar akan semakin masuk ke dalam yang nantinya akan menekan skep gas yang bentuknya seperti trapesium.

Apabila skep gas semakin terbuka dan naik ke atas, maka rpm pada mesin pun akan semakin tinggi.

Perlu kamu ketahui, fungsi dari penyetel gas ini ialah untuk mendorong masuk venturi yang teksturnya miring. Jadi, jika sekrup penyetel gas ini diputar, otomatis bagian ujung sekrup itu akan mendorong skep agar terbuka.

Ketika sedang memutar sekrup tersebut, saya sarankan untuk memutar dengan 1,5 atau 2 putaran saja. Kenapa? Supaya hasil dari setelan karburatornya akan menghasilkan hasil yang maksimal.

4. Menutup Sekrup Penyetel Udara

Langkah ke empat mengenai cara menyetel karburator ialah menyetel sekrup udara yang fungsinya untuk membuat saluran idle tertutup. Mekanisme seperti ini:

Ketika sekrup penyetel udara ini sudah diputar sampai benar-benar mentok, otomatis rpm pada mesin pun akan semakin berkurang. Selain itu, putaran mesin pun terdengar agak brebet (tidak normal).

Jika bagian ini sudah beres, maka langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan ialah..

5. Membuka Sekrup Angin

Langkah selanjutnya mengenai cara menyetel karburator ialah memutar kembali sekrup penyetel saluran udara (berlawanan dengan putaran jarum jam).

Intinya, kamu harus membuka kembali saluran udara yang tertutup oleh sekrup penyetelan angin, maka dari itu kamu harus membukanya kembali sampai rpm pada mesin tersebut terdengar tinggi.

Perlu diperhatikan, cara menyetel karburator dibagian ini harus benar-benar kamu perhatikan dengan teliti. Kenapa? Supaya setelan karburator yang kamu lakukan ini bisa menghasilkan hasil yang sempurna, sehingga kinerja mesin akan kembali maksimal dan tentunya mesin pun tidak akan brebet lagi ketika digunakan.

Gampang nya seperti ini, saya sarankan kepada kamu semua untuk memutar sekrup penyetel udara dengan putaran 1,5 s/d 2,5. Tapi, apabila rpm pada mesin belum naik secara signifikan, kamu bisa memutar nya kembali sampai benar-benar mendapatkan rpm tertinggi.

6. Membuka Sekrup Setelan Langsam

Membuka sekrup setelan langsam adalah langkah terakhir dalam melakukan cara menyetel karburator motor yang baik dan benar. Dibagian ini kamu bisa menurunkan setelan langsam agar bisa menghasilkan idle rpm yang sempurna.

Lantas bagaimana caranya? Kamu hanya perlu memutar kembali sekrup tersebut dengan arah yang berlawanan dengan jarum jam sampai 1.000 rpm.

Kenapa harus sampai 1.000 rpm? Karena volume tersebut merupakan idle rpm normal yang telah disetel oleh para produsen sepeda motor.

7. Test Drive

Jika semua langkah diatas sudah kamu lakukan, kini saatnya kamu mencoba setelan karburator tersebut. Coba gunakan sepeda motor dengan mengelilingi komplek, rasakan apakah ada perubahan atau masih sama aja.

Jika terdapat perubahan (terasa enak tarikannya) maka kamu sudah berhasil membuat perubahan pada motor yang kamu miliki dengan cara menyetel ulang karburator tersebut.

***

Mungkin sekian ulasan kali ini mengenai cara menyetel karburator motor yang baik dan benar. Semoga artikel di atas bisa bermanfaat dan mudah dimengerti oleh para pembaca.

Terimakasih, salam otomotif!

Selamat mencoba, semoga berhasil 🙂

Tinggalkan komentar