Honda PCX

Honda PCX adalah motor matic yang memiliki badan besar. Ketika pertama kalinya motor ini diluncurkan di Indonesia, Honda PCX merupakan tipe motor completely built up (CBU) yang dibuat dari Vietnam.

Semakin ramainya konsumen yang gemar dengan motor matic berbadan besar, akhirnya di tahun 2018 pabrikan Honda Indonesia membuat Honda PCX untuk bersaing dengan Yamaha NMAX.

Dengan hadirnya Honda PCX sampai saat ini, Honda berhasil menyaingi Yamaha NMAX yang memang motor itu banyak peminatnya, terlebih pabrikan Honda telah memberikan pembaharuan pada motor PCX.

Misal seperti adanya peningkatan pada bagian teknologi dan fiturnya. Hal ini tentu saja bisa memberikan pengelaman baik dalam berkendara.

Bagi kamu yang belum update tentang Harga Honda PCX dan spesifikasi secara keseluruhan jangan dulu kemana-mana, simak terus pembahasan di bawah ini sampai tuntas.

Spesifikasi Honda PCX

spesifikasi honda pcx 150

Berikut spesifikasi mesin, dimensi, kapasitas, suspensi & bagian kaki-kakinya.

Mesin

Jenis Mesin4-Langkah, SOHC Berpendingin Cairan, eSP
Sistem Suplai Bahan BakarPGM-FI (Injeksi)
Jenis TransmisiOtomatis, V-Matic
Hitungan Kompresi10,6:1
Tenaga Maksimum10,8 kW (14,7 PS) / 8.500 rpm
Torsi Maksimum13,2 N.m (1,35 kgf.m) / 6.500 rpm
Jenis KoplingOtomatis, Sentrifugal, Tipe Kering
Sistem Pendingin MesinBerpendingin Cairan

Rangka & Kaki-Kaki

Jenis Rangka MotorDouble Cradle
Jenis Suspensi DepanTeleskopik
Jenis Suspensi BelakangTwin
Ukuran Ban Depan100/80 - 14 M/C (Tubeless)
Ukuran Ban Belakang120/70 - 14 M/C (Tubeless)
Jenis Rem DepanCakram
Jenis Rem BelakangCakram
Sistem Pengereman MotorCombined Brake System Hidrolis dengan 3 piston caliper (untuk tipe CBS), Anti-Lock Braking System (untuk tipe ABS)

Dimensi & Berat Motor

Panjang X Tinggi X Lebar1.923 x 745 x 1.107 mm
Tinggi Jok Motor764 mm
Jarak Sumbu Roda1.313 mm
Jarak Dengan Tanah137 mm
Berat Beban Motor131 Kg (CBS); 132 kg (ABS)

Kapasitas

Tangki Bahan Bakar8 Liter
Oli Mesin0,8 Liter

Kelistrikan

Jenis Aki Motor12 V - 5 Ah, tipe MF
Sistem Pengapian MotorFull Transisterized, baterai
Jenis Busi MotorNGK MR8K-9

Review Honda PCX

review honda pcx 150

Adapun yang akan masoto ulas dari review Honda PCX ini adalah bagian mesin, desain, suspensi, fitur & teknologi. Demi mempersingkat waktu, silahkan simak baik-baik ulasan berikut ini:

Baca juga:

Harga & Spesifikasi Honda Vario 110 eSP

Harga & Spesifikasi Honda Vario 125 Terbaru

Harga & Spesifikasi Honda Vario 150 Terbaru

Harga & Spesifikasi Honda BeAT eSP

Harga & Spesifikasi Honda BeAT Street

Harga & Spesifikasi All New Honda Scoopy eSP

Harga & Spesifikasi Honda Genio

Harga & Spesifikasi Honda ADV 150

Harga Motor Honda

Desain Honda PCX

desain honda pcx 150

Menyinggung desain yang digunakan, Honda PCX mnggunakan desain simpel dan juga elegan. Nampaknya ketika sedang membuat motor ini, pabrikan Honda lebih mengutamakan tampilan futuristik.

Jika dilihat secara keseluruhan, motor matic Honda keluaran terbaru ini mempunyai panjang yang ukurannya 1.923 mm, lebar 745 mm, serta jarak dengan tanah 1.107 mm. Sementara, jarak sumbu rodanya sekitar 1.313 mm.

Honda PCX memberikan ruang yang luas untuk menopang kaki pengemudi, hal ini tentu saja dapat memberi kenyamanan terhadap pengemudi ketika berkendara.

Beralih ke tampilan depannya, pabrikan Honda telah menyematkan windshield besar yang dapat menutupi bagian depannya. Penggunaan warna hitam yang pekat menegaskan bahwa aura futuristik dari Honda PCX memang nyata.

Lalu pada bagian windshield-nya ada headlamp berukuran besar yang digabungkan menjadi satu dengan lampu sein-sein. Desain dari headlamp-nya pun berbentuk seperti huruf “V”.

Dengan adanya teknologi LED membuat penerangan dari motor ini terlihat cerah dan tidak menyilaukan kendaraan yang berlawanan. Bagian ini tentu saja penerangannya lebih baik apabila dibandingkan dengan lampu konvensional pada umumnya.

Tepat di bawah stang pengemudinya ada dashboard yang didalamnya terdapat tempat pengisian baterai ponsel. Demi keamanan dalam pengisian baterai, tempat power charging itu telah dilengkapi dengan penutup sehingga ponsel yang sedang di charging tidak akan jatuh.

Pada tampilan body-nya pihak Honda memang sengaja tidak menyematkan striping dan pemilik motor atau konsumen yang hendak membeli motor ini hanya akan melihat emblem PCX yang terletak di bagian belakang. Hal ini bertujuan untuk memberikan kesan mewah.

Lanjut ke bagian desain tempat duduknya (Jok motor). Pabrikan yang berlogo sayap ini menyematkan desain jok yang bertingkat dan juga lebar, hal ini sengaja diterapkan demi menunjang kenyamanan pengemudi dan penumpang ketika sedang berkendara.

Kemudian, bagasi penyimpanan yang diletakkan di bawah jok pengemudi bisa menampung barang bawaan cukup banyak. Kenapa? Sebab ukuran dari bagasi tersebut bisa mencapai 28 liter.

Mesin Honda PCX

mesin honda pcx

Mesin yang digunakan oleh Honda PCX memiliki performa mesin yang powerfull, terlebih adanya teknologi build in cooled engine eSP membuat tarikan dari motor ini sangat responsif dan tetap irit dalam konsumsi bahan bakarnya.

Teknologi yang digunakan pada mesin motor PCX sudah menggunakan teknologi terbaru dan modern. Dengan seperti itu, di mata konsumen motor ini terlihat berkelas.

Sebab untuk menopang performa motor, pada bagian mesin motor matic akan disematkan teknologi terbaru, yang mana teknologi tersebut adalah built in cooled engine eSP dan juga didukung oleh teknologi PGM-FI.

Maka dari itu konsumsi bahan bakar yang dikeluarkan oleh Honda PCX eSP ini tidak akan boros, alias lebih efesien dalam pengeluarannya.

Walaupun terkenal irit, namun tenaga yang dihasilkan motor ini tetap bagus performanya. Sedangkan kompresi yang tertera pada mesin ini sebesar 10.6:1 yang dilengkapi dengan piston berukuran 58.0 X 57,9 mm.

Dengan spesifikasi seperti ini tentu saja menjadi keunggulan yang dimilikinya.

Untuk bagian mesinnya, motor ini menggunakan mesin dengan jenis 4-stroke, SOHC (Berpendingin Cairan) dan volume silindernya sebesar 153 cc.

Motor ini dapat mengeluarkan tenaga 13,5 PS ketika mesin sedang berada di putaran 8.500 RPM. Sedangkan untuk torsinya sendiri, motor ini dapat menghasilkan torsi maksimal sebesar 13,7 Nm (1,4 kg.fm) pada putaran 5.500 RPM.

Nantinya tenaga dan torsinya tersebut akan disalurkan oleh sistem transmisi Otomatis yang berteknologi V-Matic. Dengan seperti itu, motor ini dinyatakan mempunyai performa mesin yang baik.

Suspensi & Kaki-Kaki Honda PCX

suspensi & kaki kaki honda pcx

Pada bagian suspensi & kaki-kaki-nya, pabrikan Honda telah menyematkan dua komponen yang mempunyai kualitas tinggi, dimana jenis suspensi yang digunakan pada bagian depan motor ini menggunakan teleskopik.

Sedangkan untuk bagian belakangnya menggunakan suspensi lengan ayun yang dilengkapi dengan dual shock. Jika dilihat dari kedua jenis supensi pada motor ini dapat memberikan keseimbangan yang maksimal, hal ini bisa dirasakan oleh pengemudi.

Untuk penggunaan velgnya, Honda PCX menggunakan velg cast wheel yang ukurannya sebesar 14 inch. Kedua velg tersebut dilapisi ban tubeless berukuran 100/80-14 M/C bagian depan dan belakang 120/70-14 M/C.

Untuk menopang keselamatan, pada bagian kaki-kaki nya pabrikan Honda menggunakan sistem pengereman cakram depan dan belakang.

Menariknya lagi, pabrikan Honda menghadirkan 2 varian, di antaranya jenis combi brake system dan anti lock braking system (CBS & ABS). Kedua fitur tersebut adalah fitur yang digunakan untuk menopang keselamatan setiap pengemudi dan penumpang ketika berkendara.

Fitur & Teknologi Honda PCX

fitur & teknologi honda pcx

Ulasan lainnya yang menarik dibahas adalah teknologi dan fitur yang digunakan pada Honda PCX.

Mari kita bahas dari bagian panel meternya, pabrikan Honda telah menyematkan panel meter digital pada motor ini, panel meter tersebut dapat memberitahukan informasi kepada pengemudi, di antaranya seperti:

  • Indikator bahan bakar
  • Indikator injeksi
  • Indikator lampu/penerangan
  • RPM
  • Odometer
  • Idling stop
  • Smart key

Seperti yang sudah dibahas pada bagian kaki-kakinya, pabrikan honda telah memberikan varian combi brake system yang berfungsi untuk mengkombinasikan rem depan dan belakang, hal ini dituju agar sepeda motor tetap seimbang ketika si pengendara sedang melakukan pengereman secara mendadak.

Selain fitur CBS, pabrikan Honda pun menawarkan kepada konsumen fitur ABS. Jika kamu merasa bahwa fitur ABS ini lebih baik dari CBS, pilih saja fitur tersebut. Kalau saya pribadi akan memilih fitur ABS.

Adanya fitur smart key system membuat motor ini dapat dihidupkan tanpa menggunakan kunci, jadi kamu sebagai pengemudi hanya perlu menggantungkan kunci di celana atau menyimpannya di dalam tas kecil.

Untuk fitur alrm system-nya mempunyai fungsi sebagai keamanan, selain itu bisa memberi kemudahan kepada pemilik motor ketika sedang memarkirkannya di tempat umum.

Kemudian ada fitur power charging yang terletak di dalam console box, bila sedang melakukan perjalanan jauh dan ternyata baterai ponsel yang kamu gunakan itu habis, selama berkendara kamu bisa mengisinya sampai full kembali.

Berbicara soal fitur Honda PCX ini memang tidak cukup satu atau dua baris pembahasan, sebab fitur yang ada di dalamnya cukup banyak. Misal fitur lainnya seperti ACG Starter, fitur ini berguna untuk menghaluskan suara mesin ketika sepeda motor pertama kali dinyalakan.

Selain itu, ada juga fitur idling stop system yang berfungsi bisa menghemat pengeluaran bahan bakar. Lah kok bisa? Sebab fitur ini bekerja untuk mematikan mesin motor apabila sepeda motor tersebut berhenti selama 3 detik.

Dengan demikian, bensin atau bahan bakar yang ada di dalam tangki motor akan berhenti mengalirkan ke bagian ruang bakar.

Fitur terakhir adalah seat stopper yang berfungsi untuk menahan jok motor supaya tidak tertutup ketika sedang memasukkan barang ke dalam bagasi motor.

Harga Honda PCX

harga honda pcx

 

Rasanya kurang lengkap apabila membahas spesifikasi Honda PCX tidak dengan harganya, bukan begitu?

Seperti yang sudah kita ketahui, Honda PCX hadir dalam dua varian yang berbeda, di antaranya adalah ABS dan CBS. Tak hanya itu, warna yang digunakan pada motor ini pun ada lima, kamu bisa memilih salah satu di antaranya:

  • Now Sophisticated Matte Silver
  • Magnificent Matte Brown
  • Wonderful White
  • Majestic Matte Red
  • Brilliant Black

Kemudian pertanyaannya berapa pasaran Harga Honda PCX terbaru? Untuk mengetahui jawabannya, silahkan simak kolom tabel yang ada di bawah ini.

Honda PCX 150 CBSRp 29.843.000
Honda PCX 150 ABSRp 32.842.000
Honda PCX HybridRp 43.293.000

NOTED:

  • Harga di atas hanya khusus daerah Jabodetabek.
  • Harga tersebut sewaktu-waktu bisa berubah, tergantung dari pihak perusahaannya.
  • Untuk tiap Kota dan Kabupaten akan ada penyesuaian harga.

Jadi kesimpulannya, jangan terlalu fokus terhadap harga di atas, terkecuali bagi kamu yang tinggal di daerah Ibu Kota atau Jabodetabek.

Penutup
Sekian pembahasan kali ini tentang Harga Honda PCX 150 yang dilengkapi dengan spesifikasi dan fiturnya. Semoga dengan adanya artikel ini bisa bermanfaat dan juga referensi bagi teman-teman yang ingin membelinya.
Terimakasih telah berkunjung, sampai jumpa pada artikel selanjutnya.

Tinggalkan komentar