Motor Paling Irit

Ada beberapa informasi tentang sepeda motor yang saya sampaikan di artikel otomodiv sebelumnya. Nah topik pembahasan kali ini masih seputar motor, yaitu kumpulan motor paling irit di Indonesia.

Semua motor yang saya bahas di bawah ini sudah dilengkapi oleh teknologi fuel injection yang mana teknologi tersebut membuat konsumsi bahan bakar lebih efesien. Selain itu, teknologi tersebut dapat meningkatkan performa mesin supaya lebih responsif.

Teruntuk kamu yang sedang mencari motor yang konsumsi bahan bakarnya minim namun tetap bertenaga, dikarenakan di bawah ini ada beberapa kumpulan motor paling irit yang bisa kamu pilih untuk menemani aktivitas sehari-hari.

Yamaha NMAX

motor paling irit

Mungkin sebagian dari teman-teman semua mengira bahwa Yamaha NMAX ini konsumsi bahan bakarnya boros, bukan begitu? Tapi ya sebenarnya, motor NMAX yang berkapasitas 155 cc ini irit lho!

Kenapa saya bisa menyatakan bahwa motor ini irit? Sebab, saya sudah membuktikannya sendiri. Sedikit cerita, ketika itu saya pernah bepergian menggunakan motor NMAX milik saudara saya.

Jadi disaat perjalanan, kurang lebih jaraknya itu hampir 50km, motor NMAX yang saya gunakan hanya menghabiskan 1 liter bensin. Ini nyata dan tidak mengada-ngada.

Selain dari irit, NMAX juga sudah dilengkapi dengan teknologi blue core dan variable valve actuation. Dengan adanya teknologi cariable valve avtuation (VVA) mampu membuat motor ini mengeluarkan tenaga sebesar 11.1 kW di putaran 8.000 rpm dan torsinya bisa mencapai 14.4 Nm di putaran 6.000 rpm.

Itulah alasan kenapa Yamaha NMAX masuk ke dalam kategori motor paling irit.

Yamaha All New Byson FI

motor paling irit

Yamaha All New Byson FI merupakan salah satu motor buatan Yamaha yang harganya lebih murah apabila dibandingkan dengan Vixion. Walaupun lebih murah, tapi motor ini konsumsi bahan bakarnya jauh lebih irit.

Tercatat dalam jarak tempuh perjalanan sepanjang 44.6 km, motor ini hanya menghabiskan satu liter bensin. Sekelas 150 cc, Yamaha All New Byson FI adalah motor paling irit.

Oh iya, untuk sistem pembakarannya menggunakan teknologi fuel injection. Bukan itu saja teman-teman, ternyata motor ini pernah mengikuti tes uji emisi Euro 3 lho.

Untuk kelengkapan fiturnya, Yamaha All New Byson FI sudah menggunakan speedometer full digital.

Mari kita bicara soal tenaganya, motor laki besutan Yamaha yang satu ini mampu mengeluarkan tenaga sebesar 9.61 kw di putaran 8.000 rpm. Sedangkan untuk torsinya sendiri bisa mencapai 12.98 Nm di putaran 6.000 rpm.

Waow, luar biasa bukan?

Yamaha Fino 125 Blue Core

motor paling irit

Jika Honda mempunyai teknologi PGM-FI, maka Yamaha pun mempunyai teknologinya sendiri, yaitu blue core. Perlu kita ketahui, teknologi tersebut digunakan untuk menjaga ketahanan mesin dan membuat bahan bakar semakin irit.

Salah satu motor matic buatan Yamaha yang menggunakan teknologi tersebut ialah Fino 125 blue core. Dengan adanya teknologi ini pada motor tersebut, membuat motor ini mampu melakukan perjalanan jauh dengan jarak 47.6 km dan hanya menghabiskan satu liter bensin.

Bukan itu saja, ternyata Yamaha New Scoopy 125 blue core ini sudah menggunakan ban tubeless dengan velg tapak lebar. Hal tersebut memang sengaja dirancang oleh Yamaha agar para pengendara selalu merasa nyaman ketika sedang mengendarai produknya.

Honda Vario 150

motor paling irit

Siapa yang tidak mengenali motor matic yang satu ini, yap Vario 150 adalah motor matic buatan Honda yang di produksi beberapa tahun ke belakang.

Apakah Honda Vario 150 termasuk ke dalam kategori motor paling irit? Jelas! Sebab motor ini dapat menempuh perjalanan sepanjang 48 km dan pengeluaran bahan bakarnya hanya 1 liter.

Waow, luar biasa bukan?

Menariknya lagi, ketika masuk ke tahap pengujian Euri 2, Honda Vario 150 menempuh perjalanan sepanjang 52.9 km dan itu hanya menghabiskan satu liter bensin.

Jika berbicara soal tenaga Honda Vario 150, hal tersebut tentu saja tidak usah diragukan. Kenapa saya bisa mengatakan seperti itu? Sebab dari segi akselerasinya saja sudah mumpuni, apalagi ketika top speed nya?

Coba bayangkan, di akselerasi awal samapi 200 meter, motor ini hanya membutuhkan waktu 11.94 detik untuk mencapainya. Sementara untuk kecepatannya, Honda Vario 150 ini bisa menempuh kecepatan 102 km per jam.

Eits ternyata bukan itu aja, masih ada fitur-fitur modern yang ada pada motor ini. Misal seperti CBS (comby brake system). idling stop system dan agc starter.

Honda Verza 150

motor paling irit

Verza 150 adalah motor laki buatan Honda yang terkenal dengan keiritannya. Tampilan desain yang dibuat seperti motor sport ini membuat masyarakat ingin mengendarainya.

Selain itu, ternyata harga yang dibanderol pada motor ini bisa dikatakan cukup murah. Yaitu di bawah 20 juta rupiah.

Jika berbicara soal konsumsi bahan bakar, ketika pengetesan Euro 3 Honda Verza 150 mampu menembus perjalanan sepanjang 45.25 km/liter. Sedangkan di Euro 2, motor ini menempuh perjalanan 48 km dan itu pun hanya menghabiskan 1 liter bensin.

Coba kamu bayangkan seperti apa keiritan dari motor ini, sekelas 150 cc lho!

Menurut pengamat otomotif, ternyata motor ini merupakan salah satu kompetitor dari Yamaha Vixion dan Suzuki GSX-S150.

Buat teman-teman yang saat ini sedang mencari motor paling irit di Indonesia dan harganya murah, Honda Verza 150 lah rekomendasinya.

Honda Blade 125 FI

motor paling irit

Menurut PT. Astra Honda Motor, Honda Blade 125 mampu menempuh perjalanan sepanjang 57,2 km dengan menghabiskan bahan bakar sebanyak 1 liter.

Menariknya lagi, dimana ketika pengetesan Euro 2, jarak tempuh pengetesan motor ini mencapai 61,8 km dan itu pun hanya menghabiskan bensin sebanyak 1 liter saja.

Jika dilihat dari penjelasan di atas, motor ini memang sangat irit dari konsumsi bahan bakarnya. Maka dari itu, wajar saja apabila Honda Blade 125 termasuk salah satu motor paling irit di Indonesia.

Oh iya, untuk sistem pembakarannya sendiri sudah menggunakan teknologi PGM-FI. Dengan adanya teknologi tersebut, motor ini bukan hanya irit dalam pengeluaran bahan bakarnya, tapi bagus juga dari segi tenaganya.

Coba deh kamu bayangkan motor bebek sekelas 125 cc mampu mengeluarkan tenaga sampai 10.1 PS di putaran 8.000 rpm dan torsinya mencapai 9.3 Nm di putaran 4.000 rpm.

Honda Supra X 125

motor paling irit

Perlu kita ketahui, kelebihan dari Honda Supra x 125 ini adalah performa mesin yang bertenaga dan efesien dalam konsumsi bahan bakarnya.

Sistem pembakaran dari motor paling irit besutan Honda ini menggunakan Injeksi, oleh karena itu pembuangan bahan bakar dalam jarak tempuh 57,2 km hanya satu liter. Hal ini diketahui ketika sedang pengujian Euro 3.

Sementara untuk pengetesan Euro 2, Honda Supra X 125 hanya menghabiskan satu liter bensin dengan jarak tempuh sepanjang 61,8 km. Jika berbicara soal keiritan bahan bakar, motor ini memang tak usah diragukan lagi.

Pasti diantara teman-teman ada yang sering melihat motor ini berkeliaran di jalanan? Ya, saya sendiri kerap menjumpai para pengendara yang menggunakan motor ini.

Tau gak kenapa kebanyakan orang-orang diluar sana menggunakan motor ini untuk kebutuhan sehari-hari? Alasannya ialah hemat dalam konsumsi bahan bakarnya.

Honda Revo X

motor paling irit

Biasanya konsumsi bahan bakar motor bebek ini jauh lebih irit apabila dibandingkan dengan motor matic. Salah satu buktinya ialah Honda Revo X.

Motor ini mempunyai kemampuan menempuh perjalanan sepanjang 62,2 km dengan menghabiskan satu liter bahan bakar. Kemampuan tersebut tak lepas dari adanya teknologi PGM-FI yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan teknologi motor.

Motor yang kapasitas mesinnya 109,17 cc ini bisa mengeluarkan tenaga sebesar 8.91 PS di putaran 7.500 rpm dan torsinya sendiri mencapai 8.79 Nm dipuataran 6.rpm.

Selain dari motor paling irit, Honda Revo X juga mempunyai tampilan desain yang sporty, sehingga cocok digunakan oleh siapapun.

Honda Beat

motor paling irit

Perlu kita ketahui, Honda Beat saat ini sudah menggunakan teknologi idling stop system yang mana teknologi tersebut membuat konsumsi bahan bakar motor matic besutan Honda ini semakin efesien.

Teknologi tersebut akan dipadukan dengan teknologi lainnya, misal seperti enhanced smart power dan sistem pembakaran fuel injection. Itulah bagian penting yang membuat Honda Beat termasuk ke dalam salah satu kategori motor paling irit di Indonesia.

Kenapa bisa masuk ke dalam kategori paling irit BBM? Sebab Honda Beat ini mampu menempuh perjalanan sepanjang 59 km dan hanya menghabiskan satu liter bahan bakar.

Sedangkan dari hasil pengetesan Euro 3, motor ini hanya menghabiskan satu liter bensin dengan jarak tempuh 63 km.

All New Honda Scoopy

motor paling irit

Jika berbicara soal motor paling irit, All New Honda Scoopy juga termasuk di dalamnya. Kenapa bisa seperti itu? Sebab ketika sedang pengetesan Euro 3, motor matic yang satu ini hanya menghabiskan satu liter bensin dengan jarak tempuh sejauh 59 km.

Malahan ketika pengetesan Euro 2, motor ini menempuh perjalanan sejauh 61,9 km dan hanya membutuhkan satu liter bensin. Bayangkan, betapa iritnya ini motor.

Kenapa si bisa irit dalam konsumsi bahan bakarnya? Jawabannya adalah, karena di dalam mesinnya sudah dilengkapi dengan beberapa teknologi modern.

Teknologi tersebut bukan hanya digunakan untuk pengiritan bahan bakar saja, melainkan bisa membuat tenaga mesin terasa lebih power full.

Seperti contohnya, mesin berkapasitas 110 cc ini mampu melaju dengan cepat dan menghasilkan tenaga sebesar 9.1 PS di putaran 7.500 rpm.

Sementara untuk torsinya sendiri bisa mencapai 9.4 Nm di putaran 6.000 rpm.

Selain itu, tampilan desain yang sporty membuat motor ini banyak diminati oleh masyarakat Indonesia.

Suzuki Nex FI

motor paling irit

Jika saat ini kamu sedang mencari seperti apa motor paling irit dalam pengeluaran bensin, maka opsi pertama yang bisa kamu ambil adalah Suzuki Nex FI.

Kenapa harus motor ini? Sebab motor matic besutan Suzuki ini berhasil mendapatkan penghargaan oleh rekor MURI sebagai salah satu motor matic yang konsumsi bahan bakarnya paling irit di Indonesia.

Pihak Suzuki telah membekali motor ini dengan teknologi SUPER FI. Nah untuk kapasitas mesinnya, jika dikalkulasikan secara keseluruhan, kapasitasnya mencapai 113 cc dan motor ini dapat menembus perjalanan sejauh 109.8 km dengan menghabiskan satu liter bensin.

Kelebihannya bukan hanya itu saja, namun masih ada keunggulan lainnya yang ada pada motor ini. Salah satunya adalah body ramping yang bisa membuat para pengendara mudah untuk bermanuver.

Catatan
Itulah ulasan tentang motor paling irit di Indonesia yang sering digunakan oleh masyarakat. Semoga artikel ini bisa membantu teman-teman yang sedang mencari motor murah dan juga irit dalam konsumsi bahan bakarnya.

Satu pemikiran pada “Motor Paling Irit”

Tinggalkan komentar